NIAT SHOLAT SUNNAH AWWABIN LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA

NIAT SHOLAT  SUNNAH AWWABIN LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA 

       Assalaamu’alaikum Wr.Wb
Semoga Blog ini Bisa memberikan Manfaat dan sebagai Ladang mencari Pahala.

      Diantara beberapa sholat sunnah yang kita ketahui adalah sholat sunnah awwabin; bagi sahabat yang belum tahu apa itu sholat sunnah awwabin, maka dengan segala keterbatasan saya akan mencoba share tentang Niat Sholat  Sunnah Awwabin Lengkap Dengan Penjelasannya. 
(Baca pula macam-macam sholat sunnah dan waktu pelaksanaannya)

Apa itu Sholat Sunnah Awwabin??


    Kata Awwâbun berasal dari bahasa Arab Awab yang artinya adalah rujuk. Jadi, maka awwâb adalah rajja’ atau munîb, yaitu orang yang sering bertaubat (dari dosa dan kesalahan). Shalat Awwâbîn adalah shalat orang-orang yang taat kepada Allâh Azza wa Jalla. Shalat sunnah Awwâbîn sebenarnya adalah Shalat Dhuha yang dilakukan setelah matahari terbit dan agak meninggi hingga menjelang waktu shalat Zhuhur, sebagaimana disampaikan Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam. diantaranya:

خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَهْلِ قُبَاءَ وَهُمْ يُصَلُّونَ، فَقَالَ: صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتِ الْفِصَالُ

Artinya : Telah keluar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam menuju ahli masjid Quba dimana mereka sedang melaksanakan sholat; Kemudian Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam bersabda: "sholat awwaabiin dilaksanakan ketika anak-anak unta sudah kepanasan" (H.R Muslim)

Sholat sunnah Awwabin ini dilaksanakan setelah sholat sunnah rawatib (sholat sunnah setelah melaksanakan sholat maghrib) hingga menjelang waktu sholat isya.
Cara melaksanakan sholat awwabin adalah sama halnya dengan melaksanakan sholat sunnah pada umumnya, dan yang membedakannya hanya terletak pada niatnya saja; Berikut adalah niat sholat sunnah awwabin (Sebelumnya baca pula Penjelasan Niat dalam Sholat) yang bisa sahabat hapalkan dan langsung praktikan nanti.  

Ini dia Niat Sholat sunnah Awwabin

اصلى سنة العوابين ركعتين لله تعالى.. الله اكبر

Ushollii sunnatal ‘awwaabiin rok’atainii lillaahi ta’aala..Allohu Akbar

Artinya :
“Niat aku melaksanakan sholat sunnah awwabin dua rakaat karena Alloh Ta’ala,
 Allohu Akbar”
Sesudah membaca Fatihah pada raka’at pertama, bacala surat Ikhlas enam kali, surat Al-Falaq sekali dan surat An-Nas sekali, begitu pula pada raka’at kedua.

Setelah  salam dua raka’at ini, maka shalat lagi dua raka’at . Dan di baca pada raka’at pertama dan kedua sesudah Al-Fatihah mana saja surat yang dikehendaki. Lafadz niatnya seperti tersebut di atas.

Nah Sesudah itu, berdiri lagi dengan lafadz niatnya seperti yang tercantum di atas, dilaksanakan 2 raka’at, kemudian disusul dengan bacaan pada raka’at pertama sesudah surat Al-Fatihah, bacalah surat Al-Kaafirun dan pada raka’at kedua sesudah Al-Fatihah bacalah surat Al-Ikhlas.

Sahabat dapat mengerjakan sholat sunnah awwabin ini hanya dua raka’at saja (batas minimal) bahkan lebih (ada yang berpendapat 6 rakaat).
Jika sahabat merasa bingung dengan bacaan surah setelah fatihah dalam tiap rakaatnya, sahabat tak perlu takut; karena sahabat bisa membaca surah yang lain yang sekiranya sahabat hapal dan benar, jadi sahabat tidak perlu memaksakan apa yang sahabat belum bisa, tapi hal itu sahabat harus tetap belajar dan mempelajari surah-surah yang telah di tentukan di atas. 

    Demikian artikel tentang Niat Sholat  Sunnah Awwabin Lengkap Dengan Penjelasannya , semoga bisa bermanfaat, jika terdapat kesalahan, silahkan kembalikan pada Al-Qur’an dan Hadits serta pendapat para Ulama.

Wassalaamu’alaikum Wr.Wb

Related Posts:

0 Response to "NIAT SHOLAT SUNNAH AWWABIN LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA "

Post a Comment

Terima kasih anda telah berkunjung disini, dan Mohon maaf atas segala kekurangannya, Semoga kesuksesan akan selalu bersama anda