Tips Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu

 Assalaamu'alaikum Wr.Wb
   
Tips Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu - Sholat merupakan amal ibadah manusia kepada Alloh swt untuk menyatakan penyerahan diri yang sesungguhnya. Dalam sholat, seorang hamba menyerahkan diri sepenuhnya kepada Alloh swt, sebagaimana terucap dalam do’a iftitah di bawah ini :
اني وجهت وجهي للذى فطر السماوات والارض
“Saya hadapkan wajah, hati dan wajah fisik saya kepada Engkau Dzat yang menguasai langit dan bumi”.

Ketika hati diupayakan untuk selalu dihadapkan kepada Alloh swt; maka secara otomatis, manusia akan berupaya menjaga dirinya dari berbagai gangguan setan selama 24 jam. Sehingga Alloh swt berfirman dalam Surah An-Nisa {4} : 103 yang berbunyi :

Artinya : Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S An-Nisa [4] : 103)

     Pada ayat di atas sangatlah jelas bahwa sholat menjadi media untuk mengingat Alloh swt sepenuhnya. Jika dalam waktu sehari tidak mengerjakan sholat, berarti kita tidak ingat sama sekali kepadaNya. Ketika kita usai melakukan sholat, Alloh pun masih memerintahkan kita untuk mengingatNya dalam kondisi duduk, berdiri, dan berbaring. Dengan kata lain, Alloh swt memerintahkan agar jangan pernah lupa kepadaNya dalam seluruh hidup kita.
Jika sudah merasa aman dari tidak mengingat Alloh dalam hidup kita, maka masuklah lagi pada pelaksanaan sholat, sebagaimana biasanya, sehingga hati kita benar-benar melakukan mi’raj kepada Alloh swt. dalam sholat tersebut, seolah-olah yang ada hanya diri kita denganNya yang sedang berbincang berdua.

Dalam ayat tersebut juga dijelaskan bahwa sholat telah ditentukan waktunya kepada orang-orang yang beriman kepada Alloh swt. oleh karena itu, upayakan diri kita untuk selalu melakukan sholat dan tidak malas dalam mengerjakannya. Apabila kita merasa malas untk melaksanakan sholat, maka pada kesempatan ini saya akan bagikan Tips Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu.Ini dia Tips Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu

1. Berwudhu

   Ketika mengambil air dan mengusapkannya ke wajah, maka secara otomatis yang pada mulanya kita mengantuk, maka rasa kantuk itu bisa hilang dengan air wudhu. Syetan menjadi energi yang selalu berusaha menggoda kita untuk selalu malas melakukan sholat. Sebagaimana kita ketahui bahwa syetan terbuat dari api; dan apabila api itu disirami air, maka pasti padamlah api tersebut. Mungkin dari kita ada yang bertanya mengapa sering kali malas untuk melaksanakan sholat dan mengantuk, lalu setelah mengambil air wudhu, rasa malas dan mengantuk itu tetap saja tidak hilang??
Orang yang bertanya demikian pasti belum mengerti substansi dari wudhu itu sendiri. Ketika berwudhu, wajah kita dibasuh; maka memohonlah kepada Alloh swt agar mata kita tidak mengantuk, hidung tidak mencium hal yang dilarang, serta mulut tidak membicarakan keburukan orang lain, memfitnah, ghibah, namimah, dan lain sebagainya.

2.  Mengingat Kenikmatan dan Pahala Sholat

     Bagi orang yang masih sering malas melakukan sholat terutama sholat yang lima waktu, maka tanamkan bahwa kelak bisa mendapatkan sesuatu yang nyata, yaitu pahala yang berlipat-lipat apalagi jika sholatnya dikerjakan dengan berjama’ah (baca artikel terkait tentang syarat-syarat sholat berjama’ah)
3.      Mengingat siksaan apabila meninggalkan sholat

Alloh swt memerintahkan hambaNya untuk melaksanakan sholat bukan demi kepentinganNya, melainkan hal itu untuk kepentingan manusia itu sendiri, karena Alloh memiliki sifat qiyamuhu binnafsi (berdiri sendiri) dan tidak membutuhkan pada makhluknya.silahkan baca artikel terkait 10 Pahala dan Fadhilah sholat awal waktu berjama'ah di Masjid

Salah satu bentuk siksaan yang berikan Alloh swt adalah sudah disiapkannya Neraka dengan berbagai siksaannya. Dan di duniapun Alloh memberikan teguran kepada orang yang melalaikan sholat dengan diberikannya rasa kegundahan (tidak ada ketenangan dalam jiwanya) meskipun hartanya berlimpah, namun hatinya tetap gundah, meskipun jabatannya tinggi tetapi selalu iri; bisa saja Alloh mencabut keberkahan dalam hidupnya, harta dan jabatannya.

4.      Mencoba merenungi Makna dan merasakannya saat sholat

Sebagaimana kita ketahui bahwa sholat adalah media untuk mendekatkan diri kepada sang Kholik (pencipta) yaitu Alloh swt yang maha segalanya; maka dengan melaksanakan sholat kita akan merasakan bahwa hanya Allohlah segalanya. Serta kita rasakan kehinaan dan kelemahan diri kita.  

5. Menyegerakan sholat

     Tips yang kelima Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu adalah dengan cara menyegerakan sholat dan jangan sekali-kali menundanya dengan mengakhirkan sholat. Selain banyak fadhilah (keutamaan) dalam melaksanakan sholat dengan segera (awal waktu) juga bisa menepis kemalasan dalam melaksanakan ibdah sholat.

6.Yakin bahwa sholat dapat menghilangkan rasa malas

     Sejauh manakah keyakinan kita akan ibadah sholat bisa menghilangkan rasa malas?? Sholat yang penuh dengan kekhusyuan dan sesuai tuntunan agama akan menularkan efek positif pada kehidupan sehari-hari. Insya Alloh akan selalu bersemangat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari terutama dalam melaksanakan kebaikan serta amal ibadah; Insya Alloh.

Demikian Tips Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu yang dapat saya sajikan pada kesempatan ini. Jika tulisan ini terasa bermanfaat silahkan share sebanyak-banyaknya dan sebagai bukti kunjungan anda, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Terima kasih, semoga bermanfaat
Wassalaamu’alaikum wr.wb

Related Posts:

0 Response to "Tips Mengatasi Malas Sholat Lima Waktu"

Post a Comment

Terima kasih anda telah berkunjung disini, dan Mohon maaf atas segala kekurangannya, Semoga kesuksesan akan selalu bersama anda