-->

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel


Banner iklan disini

Imam Ibnu Qudamah Sahabat Salahuddin Penakluk Yerusalem

Imam Ibnu Qudamah sahabat salahuddin penakluk yerusalem - Kemasyhuran salahudin al-Ayyubi penakluk yerusalem, menumpas tentara salib dan membersihkan bumi quds dari najis dan kotopran mereka sudah sangatlah terkenal. 

Tetapi di balik sebaik baiknya kepemimpinan salahuddin al Ayyubi ada salah satu sahabatnya dan mujahid yang sangat termasyur juga di bidang ilmu fiqih. Bahkan Syaikhul islam ibnu taimiyah berkata " Setelah al-auza'i, tidak ada orang yang masuk ke negeri syam yang lebih mapan di bidang fiqih melebihi Al- Muwaffaq" 
Salahudin Al Ayyubi

Yah nama Beliau adalah Imam - Muwaffaqiq atau imam ibnu qudammah yang merupakan juga salah satu murid dari imam syaikh Abdul qodir jaelani rahimahullah di Baghdad. Beliau berhijrah ke lereng bukit Ash- Shaliya di damaskus saat menjelang kelahiran beliau. 

Ayahnya seorang yang tinggal di palestina di karenakan palestina di kuasai oleh orang kafir nasrani sehingga beliau akhirnya berhijrah. Disaat masa hijrahnya itulah sang imam ibnu qudamah belajar ilmu ilmu dasar dan menghafal alquran. Beliau juga hapal tentang kitab Mukhtasar Al khiraqi ( Fiqih Madzab Imam ahmad bin hambali ) dan kitab kitab lainnya.
 
Disaat beliau belajar bersama syekh abdul qodir jaelani, saat itu syekh berumur 90 tahun. Imam ibnu qudamah kembali mempelajari secara teliti dan mendalam kitab fiqih mukhtasar Al khiraqi. 

Dan di saat wafat nya syekh abdul kodir, Imam Qudamah masih menjadi muridnya. Beliau tinggal di Baghdad selama 4 tahun dan beliau masih mengaji tentang hukum fiqih. Selain itu Beliau juga mengaji ilmu hadist selama setahun setelah beliau pulang ke damaskus dan kembali ke Baghdad. Beliau berguru langsung dengan sanadnya dari ABdul fath Ibn Al manni. Dan setelah setahun beliau kembali lagi ke damaskus.

Beliau Mengikuti jejak As salaf dalam masalah aqidah, Kezuhudan, dan ke wara'an. Beliau sangat pemalu dan menjauh dari gemerlapnya dunia. Belaiau sosok yang pemaaaf tetapi beliau juga seorang mujahid sejati. 

beliau tidak ingin agama nya di hina dan di lecehkan. Belaiu bisa menjadi macan yang garang di saat di medan perang. Dan beliau adalah salah satu teman dari sebaik- sebaiknya seorang pemimpin dan beliau hidup di sebaik baiknya suatu kaum.

Imam Ibunu Qudamah wafat pada hari sabtu, tepat dimana umat islam merayakan kemenangan di idul fitri tahun 629 Hijriyah. Beliau dimakamkan di kaki gunung qasiun di shalihiya, Di  sebuah lereng di atas masjid jami terbesar opengikut mazhab hambali " Jami Al Hanabilah ". Beliau meninggalkan suatu karya besar tentang ilmu fiqih madzab hambali dengan nama kitab Al Mughni syarh Mukhtasar Al Khiraqi. Semoga beliau di tempat kan di surganya ALLAH. Amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel